[Review] THE iDOLM@STER Cinderella Girls Viewing Revolution (PSVR)

Yes! Party Time!! Akhirnya setelah di tease berkali-kali oleh Bandai Namco, iM@S VR rilis bareng dengan PSVR kemarin! Jadi gimana sih sebenarnya gameplay dari game yang ditunggu-tunggu oleh para producer berduit ini?

Files - iM@S VR - 00.pngSebenernya, iM@S VR ini lebih tepat disebut sebagai Virtual Reality Live Concert, karena ya, memang kita di sini cuma sebagai penonton konser para Cinderella ini, bukan sebagai producer.

Ya, sayangnya hingga saat ini (kecuali guest idol di iM@S OFA PS3 kemarin), 765Pro masih menguasai game iM@S konsol, sedangkan anak-anak 346Pro masih disuruh bersabar di platform mobile.

Tapi bukan berarti dengan harga ¥2,480 iM@S VR merupakan pemborosan. Nooo. Anggepannya gini. Anggep kalian beli tiket konser, jangan anggep kalian beli sebuah game. Dan semuanya akan masuk akal, bahkan termasuk ekonomis.

Yang nggak bersahabat, adalah DLC nya.

Ya, full game iM@S VR memiliki price tag ¥2,480, tetapi untuk menebus semua DLC-nya, kalian butuh ¥12,000, alias sekitar Rp1.400.000,- lebih. Goddammit Bamco, selalu menguras budget para producer.

Tapi dengan harga segitu, kalian bakal dapet semua armband, lightstick, avatar, dan puchiderella anak-anak Cinderella Project, jadi setidaknya pengorbanan kalian terbayarkan dengan adil.

Lalu AnP (Nama producer AV), gimana sih venue konsernya?
Well anak-anakku, inilah THE iDOLM@STER Cinderella Girls Viewing Revolution.

files-ims-vr-02

Setelah kalian pencet Circle, kalian akan disambut oleh salah satu anak Cinderella Project dan menu dengan 4 tombol. Kali ini Anastasia akan menemani kita.

Anastasia: Добрый вечер, みんなさん。

Tombol [LIVE] untuk langsung menuju ke konser, sebelahnya kalau nggak salah namanya [LIVE GOODS] untuk mempersiapkan persenjataan kalian di konser nantinya.

Ada juga tombol [SHOP] misal kalian sudah nggak butuh uang, dan terakhir dengan jelas terpampang tombol [SETTINGS].

Files - iM@S VR - 06.png

Ini adalah screen untuk LIVE GOODS, seperti yang bisa kalian lihat di atas, layar ini untuk mengatur set lightstick yang bisa kalian ganti-ganti di tengah-tengah konser, armband untuk menunjukkan siapa idol favorit kalian, semuanya bisa kalian set sendiri untuk tangan kiri dan kanan.

files-ims-vr-03
AnP: Lho… Anya mana? | Nitta: Fufufu~

Setelah senjata kalian lengkap, kini kita lanjut ke LIVE!

Files - iM@S VR - 04.png

iM@S VR basic memberikan kalian 3 lagu Cinderella Project. Onegai! CinderellaStar!!, dan satu lagu eksklusif iM@S VR: Yes! Party Time!! yang menurutku sangat-sangat catchy.

Setelah kalian pilih salah satu lagu, kalian akan diajak ke MAIHAMA AMPHITHEATRE  yang merupakan venue konser yang terkenal di Jepang sana. Kalau nggak salah deketnya Tokyo Disney Resort, dan sama-sama dimiliki oleh Oriental Land Co., Ltd.

…. Sial, bahan skripsi sampai masuk di artikel ini.

Dan sampailah kita di Maihama Amphitheatre. Sebelum konser dimulai, kita bakal disuruh recenter PSVR dan diberikan quick guide bagaimana cara mengubah warna lighstick dan ganti posisi. Setelah siap, pencet Circle!

Setelah itu, silahkan kalian nikmati konser dari 6 sudut pandang berbeda. Aku sih suka keliling kiri-kanan panggung buat nyapa satu-satu anak-anak Cinderella Project, hehe.

Dan dengan itu selesailah bahasan kita kali ini. Ya, ini memang bukan full game, tapi ini merupakan salah satu pengalaman konser yang menurutku sangat unik dan worth it untuk dicoba.

Ah, dan pastikan kalau kalian memutuskan untuk ambil iM@S VR, sedia 2 PS Move Controller, karena ayunin DualShock 4 engga se-asyik ayunin PS Move Controller.

THE iDOLM@STER Cinderella Girls Viewing Revolution tersedia hanya dalam bentuk digital dan eksklusif untuk PS Store R2 JP, jadi siapkan Credit Card JP kalian, atau beli voucher PSN JPY.

One game down, three more to go!

SNS Accounts:

Twitter: @AndrianVidano
Facebok: Andrian Vidano+
Instagram: @andrianvidano
ask.fm: andrianpramav
Group: AV+Community

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s